Latar Belakang

Flores berada di Propinsi Nusa Tenggara Timur, di tenggara Indonesia, dengan jumlah penduduk 1,831,000 jiwa (sensus 2010) Mata pencaharian utama warga adalah bertani. Tidak ada pabrik yang memperkerjakan tenaga lebih dari 100 orang, minat wirausaha penduduk lokal pun sangat rendah. Dalam hal pendidikan, Flores sebetulnya memiliki sejarah pendidikan yang sangat bagus, bahkan jauh sebelum Indonesia merdeka banyak sekolah-sekolah berkualitas juga lembaga pendidikan ketrampilan tumbuh subur di Flores. Kemunduran pendidikan di Flores terjadi sekitar awal tahun 90-an, dimana sekolah-sekolah (yang kebanyakan swasta) mengalami degradasi manajemen dan finansial. Karena topografi Flores  berupa bukit dan pegunungan, maka sekolah-sekolah (SD hingga SMU) yang berada jauh dari kota sulit untuk berkembang.

Kini, meskipun bermunculan sekolah baru (serta Perguruan Tinggi/ Universitas juga mulai tumbuh), namun fokus pengembangan pendidikan tersentralisir di kota-kota Kabupaten, dan agak ‘melupakan’ Pendidikan Dasar (SD).

Apa itu ‘SHOES FOR FLORES’?

SHOES FOR FLORES adalah aksi sosial kemanusiaan yang bertujuan untuk menolong anak-anak Sekolah Dasar di Flores yang berkekurangan, akibat letak sekolah yang jauh dari jangkuan serta berasal dari keluarga yang tidak mampu secara ekonomi.

Tujuan lain dari SHOES FOR FLORES adalah memotivasi minat bersekolah anak-anak, menyemangati agar tidak putus asa, sekaligus berbagi kisah maupun ilmu sehingga anak-anak terdorong untuk berani bercita-cita, percaya diri, serta memiliki pandangan positif untuk mengembangkan diri (seperti kesadaran akan kebersihan, kesehatan, kepedulian terhadap alam/satwa, maupun melek akan hak serta kewajiban sebagai seorang anak).

SHOES FOR FLORES merupakan aksi sosial kemanusiaan tanpa ekskusifitas terhadap suku, agama, atau ras tertentu. Selama sekolah-sekolah tersebut berada dalam wilayah Flores dan dipandang patut untuk ditolong.

SHOES FOR FLORES bukan berupa sebuah yayasan atau organisasi berbadan hukum. Pihak-pihak yang terlibat di dalamnya adalah Relawan/Volunteer yang bersatu atas dasar empati terhadap pendidikan Flores. Masing-masing punya pekerjaan sendiri, namun terpanggil untuk bersama melakukan sesuatu bagi kemajuan serta perbaikan pendidikan anak-anak Flores.

SHOES FOR FLORES itu Bukan soal seberapa besar barang  yang diberi, namun seberapa besar niat untuk peduli. Aksi sosial ini timbul karena keyakinan: Jika inginkan perbaikan di kehidupan masa depan, tanamkan hal baik di kehidupan sekarang. SHOES FOR FLORES menempatkan Pendidikan sebagai bidang yang patut diperhatikan, sebab Pendidikan adalah modal dasar terjadinya  sebuah perubahan kualitas diri. Perubahan kualitas diri adalah modal dasar terjadinya sebuah perubahan kualitas lingkungan.

Sasaran Utama

Yang menjadi fokus utama SHOES FOR FLORES adalah anak-anak Sekolah Dasar. Jadi, kondisi anak-anaklah yang dipentingkan, bukan gedung atau infrastruktur sekolah. Bantuan yang diberikan berkaitan dengan kebutuhan pokok anak-anak, misalnya

–          Sepatu,

–          Pakaian Seragam,

–          Alat-alat Tulis,

–          Buku Bacaan/Buku Pelajaran/Majalah,

–          Baju-baju bekas laik pakai,

–          Alat-alat pendukung bakat maupun hobby (disesuaikan keadaaan)

–          Permainan (Children toys)

SHOES FOR FLORES tidak menyelenggarakan project perbaikan gedung sekolah atau memberi bantuan berupa uang kepada pihak sekolah. Hanya dalam kasus tertentu saja SHOES FOR FLORES terlibat untuk pengadaan sarana sekolah, dan dirundingkan secara khusus.

Sekolah-sekolah yang dibantu adalah sekolah-sekolah yang keadaan murid-muridnya memprihatinkan, yang sebagian besar murid berasal dari keluarga tak mampu, berlokasi di wilayah yang sulit dijangkau, dan butuh dorongan semangat.