Distribusi

Setiap sekolah yang dibantu terlebih dahulu melalui proses survey. Jika ada usulan yang masuk, relawan SHOES FOR FLORES akan mendatangi langsung untuk melihat, mendengar, dan berkomunikasi dengan pihak sekolah. Interaksi langsung dengan siswa-siswa dan orang tua siswa juga dilakukan untuk mengetahui permasalahan mereka.

Karena pemerintah juga memberi subsidi berupa dana BOS (Biaya Operasional Sekolah), maka SHOES FOR FLORES harus juga meneliti penggunaan bantuan pemerintah tersebut, agar tidak terjadi tumpang-tindih atau malfunction. (Lantaran itu pulalah maka SHOES FOR FLORES berkonsentrasi pada kebutuhan pribadi anak-anak, bukan pada fasilitas sekolah yang dapat di-cover lewat dana BOS).

Untuk menghargai bantuan para donatur, dan agar bantuan yang diberikan TEPAT SASARAN dan BETUL-BETUL DIPAKAI anak-anak, maka data mendetail menyangkut fisik anak pun harus dihimpun. Tinggi badan dan ukuran telapak kaki tiap anak sangat penting, dengan begitu pakaian seragam dan sepatu tepat ukurannya. SHOES FOR FLORES menghindari sistem drop and go, tapi memastikan bahwa setiap bantuan berguna bagi anak-anak.

Relawan SHOES FOR FLORES juga mendesign acara pembagian bantuan bernilai edukatif. Oleh karena itu, setiap kegiatan diisi dengan KELAS INSPIRASI. Dengan memanfaatkan latar belakang keberagaman profesi serta pengalaman hidup para relawan, Kelas Inspirasi ini berisikan sharing pengalaman, motivasi, serta peneguhan-penegguhan yang bertujuan untuk menyemangati anak-anak bersekolah serta bercita-cita. Kelas Inspirasi juga bagian yang penting karena berperan untuk membuka cakrawala berpikir anak-anak yang umumnya tinggal di tempat terpencil.