Photo & Story: SHOES FOR FLORES, Season 10 – SDN Luah, Desa Hoder, Waigete – Sikka Regency

Shoes For Flores featuring Alenia’s Journey
UNCOVER NTT
(Kak Ari Sihasale & Nia Zulkarnaen)

Season 10 “Shoes For Flores” kali ini sangat istimewa karena berkolaborasi dengan Alenia’s Journey UNCOVER NTT, sebuah program jalan-jalan inspiratif bersama Kak Ari Sihasale & Nia Zulkarnaen. Tahu kan, keduanya adalah pasangan suami istri yang mencurahkan karya perfilman khusus anak-anak. Jadi, ini adalah kunjungan yang luar biasa bagi SFF.
Kegiatan ini dilakukan hanya berselang 1 Minggu setelah kegiatan SFF di SDK Kloangaur (Waigete) dan menjadi sequence tercepat antar season yang pernah dilakukan SFF.
Awalnya, SFF dihubungi oleh tim kreatif Alenias’s Journey, 2 hari setelah kegiatan di SDK Kloangaur. Kontan saja volunteers kelabakan karena baru selesai kegiatan (Biasanya jeda 2 -3 bulan sebelum kegiatan berikut). Makanya volunteers awalnya hendak menampik kolaborasi ini karena kami sadar bahwa setiap kali hendak mengadakan kegiatan musti terlebih dahulu survey dan mendatangi lokasi. Apalagi nyaris semua sekolah yang menjadi sasaran kegiatan SFF adalah sekolah-sekolah di pedalaman, yang sulit dijangkau serta minim infrastruktur. Setelah urung rembuk, akhirnya kami bersedia berkolaborasi, apalagi melihat tujuan/misi program Alenia’s Journey bukan hanya sekadar jalan-jalan senang-senang tapi juga membagi inspirasi serta mencari dan mengabarkan harapan dari NTT.
Volunteers SFF bersama crew Alenia’s Journey kemudian melakukan kunjungan survey ke desa-desa yang kondisi sekolahnya darurat. Kami menemukan dua sekolah di Waigete, namun karena letaknya yang berjauhan, maka diputuskan untuk melakukan kegiatan di salah satunya terlebih dahulu bersama Alenia’s Journey. Sekolah tersebut adalah SDN Luah, di Desa Hoder.
SDN Luah sebetulnya tidak jauh dari jalan raya trans Maumere-Larantuka, namun berada di area yang kering berbatu. Syukurlah sebagian dari bangunan sekolah telah direhab, sisanya adalah beberapa ruangan masih menggunakan bangunan darurat dari bambu.
Kami bersyukur karena Kak Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen membiarkan kami melakukan kegiatan kolaborasi ini menurut pola SFF selama ini. Jadi meskipun disyuting, kami tetap ingin semua berjalan sebagaimana selama ini kegiatan SFF dilaksanakan. Mulai dari persiapan, belanja, packing, pembagian tugas, sampai pelaksanaan. Sungguh luar biasa kebaikan dan kerendahan hati Kak Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen. Mereka pun mengikuti ‘standard’ SFF, bersama-sama berembuk untuk rencana kegiatan, bersama-sama belanja kebutuhan anak dari toko ke toko.
Pihak SDN Luah menyambut baik niat ini dan anak-anak bersukacita.
Pada hari kegiatan berlangsung, SFF dan Alenia’s Journey melakukan serangkaian aksi sesuai gaya SFF selama ini, yakni:
– Kelas Inspirasi oleh Kak Ari Sihasale, Kak Nia Zulkarnaen, dan Crew Alenia’s Journey.
Disini mereka membagikan kisah-kisah tentang perjalanan mereka, tentang bagaimana membuat film, kepada anak-anak. Menarik sekali.

– Fun & Edukatif Games, dikoordinir oleh volunteers SFF melibatkan anak-anak dan crew Alenia’s Journey. Ada sekitar 5 permainan dilakukan, juga lomba-lomba.
– Penyuluhan & Cek Kesehatan, seperti biasa ada penyuluhan tentang kebersihan dan tentang gigi, disusul pemeriksaan gigi, cek tumbuh kembang anak, pemeriksaan darah untuk mengetahui Golongan Darah tiap anak.
– Pembagian Hadiah, juga seperti biasanya ciri khas SFF untuk memotivasi anak-anak, yakni dengan memberikan hadiah Sepatu, Seragam, Tas, Buku & Alat Tulis, Vitamin, Susu, Perangkat Bekal Makanan & Air Minum, kepada masing-masing anak.
TERIMA KASIH ALENIA’S JOURNEY!!
Tetaplah menginspirasi anak-anak Indonesia, Kak Ari Sihasale & Nia Zulkarnaen.
Tuhan Memberkati karya-karya film kalian.

Saat survey ke sekolah, berdialog dan mendengarkan cerita dari Kepala Sekolah SDN Luah.
Meeting ke-2

Meeting ke -3

Di sela meeting, muncul Kak Nyong Franco yang hits dengan lagu “Gemufamire” itu dengan menyamar sebagai pengamen…”Saya tahu kau siapa!” teriak Kak Ale nyaring saat mengenali suara Kak Nyong…langsung deh, kita menari “putar ke kiri e..nona manis putarlah ke kiri..ke kiri…dan ke kiri….”
Kak Nia lagi mabuk kain tenun, sampai bingung mau beli yang mana. Hasil akhir, diborong aja.

Mencoba minta harga diskon, pemirsa!

Masuk ke Toko Lio, salah satu toko perlengkapan sekolah yang legendaris di Maumere.

Ada 5 toko yang dikunjungi untuk membeli barang. Biasanya ya seperti itu setiap kegiatan SFF harus belanja barang dari satu toko ke toko yang lain. Karena stoknya tidak cukup, ukuran seragam-sepatu beda, harga beda-beda. Harus disesuaikan dengan budget.

Lagi nunggu mobil datang muat barang belanjaan, gaes….

Bongkar muatan. Dapat support mobil dari seorang teman.

Tarian Hegong oleh adik-adik SDN Luah menyambut kedatangan Kak Ari & Nia

Dalam lomba balap engrang ini, tim volunteers SFF mencoba mengalah demi menghibur lawan-lawannya.
 (Padahal, aslinya emang kalah)
Kak Nia dengan penuh kasih memakaikan sepatu untuk salah satu murid. “Yang rajin ya belajarnya”

Salah satu crew Alenia’s Journey menunjukkan bagaimana cara merekam video kepada anak SDN Luah

Tanya jawab tes pengetahuan umum dari Kak Ale dan Nia. Yang jawab benar dapat hadiah!

“Ku teman kau teman kita selalu bersama, seperti Moke dengan Kua Asam…”


Penyematan Pin Shoes For Flores kepada Kak Ari Sihasale

HAPPY BIRTHDAY SHOES FOR FLORES!! Kegiatan pas Ulang Tahun ke-2 SFF loh

Video Teaser Alenia’s Journey:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top